Tips agar Bolu atau Cake tidak bantat

Posted By Tatik Uc on Tuesday, January 10, 2017 | 2:42 PM




Bismillah
Bagi pemula membuat cake atau bolu itu gampang gampang susah, kalau cuma membaca resepnya sepertinya gampang tapi kenyataanya pas dicoba ternyata gagal padahal sudah sesuai resep dan caranya,  karena itu ada beberapa hal yang harus diketahui Agar bolu atau cake tidak bantat sebagai berikut:
  • Telur
     Sebaiknya telur yang digunakan adalah telur yang bersuhu ruang jangan menggunakan telur yang disimpan di kulkas, telurnya juga harus yang bagus telur yang bagus biasanya kuning telurnya masih ditengah.
  • Menggunakan Emulsifier
      Dulu waktu masih belajar bikin kue saya menggunakan emulsifier seadanya maksudnya mereknya apa saja yang penting fungsinya sama tapi ternyata pas saya menggunakan Sp waktu itu yang saya gunakan Sp cap kupukupu setelah dimixer ga sampai 15 menit sudah mengembang dan kaku alias cepat sekali mengembangnya, atau pilihlah emulsifier yang masih lembek / masih bagus karena saya pernah coba pake emulsifier yang sudah agak mengeras ternyata adonan tidak mengembang.
  • Tepung terigu
      Sebaiknya gunakan tepung terigu yang kering dan untuk cake biasanya tepung terigu yang berprotein sedang seperti Segitiga biru dll. tepung yang lembab akan menyebabkan adonan sulit menyatu atau menggumpal yang bisa menyebabkan kue bantat. selain itu tepung juga sebaiknya diayak sehingga tidak ada kemungkinan tepung yang menggumpal.
  • Suhu open atau kukusan
      Sebaiknya sebelum proses pemanggangan atau pengukusan open atau panci pengukus dipanaskan terlebih dahulu, selain itu suhunya juga harus sesuai semakin tebal adonan kue suhunya semakin kecil dan semakin tipis adonan kue suhunya semakin besar. kalau untuk membuat bolu kukus biasa sebaiknya dengan menggunakan api kecil dan tutup dandang dialasi serbet atau kain bersih supaya uap air tidak menetes ke adonan kue yang sedang dikukus karena hal itu bisa menyebabkan bolu atau cake bantat. begitu pula dengan cake yang dipanggang jika adonan tebal sebaiknya menggunakan suhu kecil biasanya untuk membuat cake  suhunya rata rata 160-180 dC sedangkan untuk bolu gulung suhu yang digunakan biasanya 200 dc selama 10-15 menit saja.
  •  Sering membuka tutup oven atau pengukusan
       Sering membuka tutup oven atau pengukusan untuk bolu yang dikukus juga mempengaruhi proses pengembangan cake atau bolu jadi jangan sering sering ngintip ya...perkirakan saja waktu pemasakannya kalau kira kira sudah matang boleh dibuka dan tes tusuk dengan lidi untuk memastikan cake atau bolu sudah matang, jika adonan sudah tidak menempel dilidi dan saat ditusuk gampang menusuknya atau tidak keras berati cake Anda berhasil atau sukses atau sudah matang. angkat dan biarkan agak dingin dulu supaya tidak lengket.
  • Salah dalam mencairkan margarin
       Tahap ini juga sangat mempengaruhi kesuksesan dalam membuat bolu atau cake saya sendiri pernah mengalami nya saat melehkan margarin apinya terlalu besar sehingga margarinnya sampai bening sehingga cakenya bantat. untuk membuat cake melelehkan margarin jangan sampai bening, cairan margarin harus keruh seperti cairan Susu atau cairan Koloid walaupun setelah dingin nanti cairan margarinnya mengendap bagian atasnya bening itu bisa diaduk aduk lagi sampai rata kembali, Kalau saya mencairkan margarinnya pake teflon supaya bisa dipegang dan tidak langsung diatas api supaya margarin meleleh sempurna . 
     Sebernarnya masih ada lagi yang perlu diketahui agar Bolu atau Cake tidak bantat tapi untuk kali ini sampai disini dulu InsyaAlloh disambung pada artikel selanjutnya  Tips agar Bolu atau cake tidak bantat  bagian 2, berhubung masih banyak PR yang harus diselesaikan . semoga Artikel ini bermanfaat .


Blog, Updated at: 2:42 PM

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.