Resep dan cara membuat Semur ayam lezat

Posted By Tatik Uc on Tuesday, January 10, 2017 | 8:02 PM

https://dapuryousee.blogspot.com/
Bismillah
          Semur Ayam adalah masakan favorit keluarga saya,  jaman dulu masakan ini jarang sekali saya dapatkan selain dihari hari tertentu seperti hari raya, tadinya saya masih bingung dengan nama masakan ini karena waktu masih kecil saya menyebutnya ayam kecap, pas setelah menikah saya nyoba masakan orang Kalimantan yaitu bastek rasanya mirip dengan masakan ibu saya jadi saya kira yang sering dimasak ibu saya itu Bastek tapi ternyata bukan dari bentuk masakannya memang agak beda karena semur ayam agak kekuning kuningan sedangkan bastek tidak, dan ternyata memang bukan bastek melainkan semur ayam. 
         Nah kali ini saya mau berbagi Resep dan cara membuat semur ayam lezat yang sangat menggoda ini, sebagai berikut
Bagan:
  • 500 garam ayam potong potong, dan sudah dibersihkan
  • 1000 ml air
  • Kecap manis secukupnya
  • pala dihaluskan 1/2 butir
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 batang serai dimemarkan
  • Laos secukupnya digeprek
  • minyak untuk menumis
Bumbu halus:
  • Bawng putih 5 siung
  • bawang merah 5 siung
  • jahe 2cm
  • garam dan gula secukupnya
  • penyedap rasa bila suka karena saya kalau masak ga pake penyedap rasa 
caranya:
  1. tumis bumbu halus sampai harum, serai, lada bubuk, laos, pala, stelah itu beri air sedikit biar ga gosong lalu masukkan garam, gula.
  2. Masukkan ayam aduk aduk lalu masukkan air biarkan sampi ayamnya masak atau empuk lalu beri kecap manis sesuai selera, jangan lupa dicicipi untuk memastikan kesempurnaan rasanya.
  3. setelah matang angkat sajikan
itulah Resep dan cara membuat semur ayam lezat semoga bermanfaat.
Blog, Updated at: 8:02 PM

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.